Image
December 29, 2017 0 pts 126

Satoshi Nakamoto, Pendiri Bitcoin yang Misterius

Belakangan ini, istilah Bitcoin tengah ramai diperbincangkan oleh banyak orang karena menawarkan hal yang amat menggiurkan. Bagi yang belum tahu, Bitcoin adalah mata uang digital yang bisa digunakan sebagai bentuk investasi karena nilainya yang fantastis dan punya berbagai keunggulan dibanding mata uang konvensional.

Sebagai gambaran, nilai 1 BTC saat ini setara dengan Rp 220, 7 juta. Tak heran jika orang yang sudah mulai berinvestasi sejak awal kemunculannya kini kaya mendadak. Namun kali ini Inovasee tidak akan membahas tentang Bitcoin secara mendetail, karena kami akan mengajakmu untuk mencari tahu tentang Satoshi Nakamoto, sosok misterius yang bertanggung jawab akan kelahiran Bitcoin yang menghebohkan dunia itu.

1. Sosok Satoshi sesungguhnya

Ketika nama Satoshi Nakamoto mulai jadi perbincangan, banyak orang yang mulai penasaran dengan sosok sesungguhnya dari orang ini. Pada tahun 2014, harian Newsweek mengklaim bahwa pihaknya telah bertemu langsung dengan Satoshi Nakamoto. Menurut harian itu, Satoshi Nakamoto disebut sebagai nama asli seorang keturunan Jepang berkewarganegaraan Amerika Serikat yang saat ini berumur 64 tahun dan tinggal di California.

Namun pada tahun 2016 silam, seorang enterpreneur Australia bernama Craig Wright telah membuat pengakuan terbuka ke publik kalau dirinya adalah pencipta Bitcoin. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Wright menyediakan bukti berupa pesan digital yang ditandatangani dan kunci kriptografi yang diketahui dimiliki oleh si pencipta Bitcoin. Meski begitu, baik orang imigran Jepang yang diklaim Newsweek maupun Craig Wright masih diragukan sebagai sosok sesungguhnya dibalik Bitcoin.

2. Satoshi Nakamoto mungkin bukanlah sosok perorangan, melainkan gabungan beberapa perusahaan besar

Teori konspirasi selalu mempunyai penggmarnya sendiri, termasuk dalam urusan Bitcoin. Ada banyak kalangan yang mempunyai perkiraan tersendiri tentang sosok Satoshi Nakamoto. Melihat kerumitan sistem pengkodean Bitcoin, muncullah rumor bahwa Satoshi Nakamoto sebenarnya bukan nama seseorang, melainkan gabungan dari beberapa perusahaan besar. Perusahaan yang dicurigai adalah Samsung dan Toshiba (mewakili nama Satoshi) serta Nakamichi dan Motorola (mewakili nama Nakamoto). Benar atau tidak? Masih misterius!

3. Salah satu orang terkaya di dunia

Mengutip CNN (18/12/2017), Satoshi Nakamoto masuk dalam daftar 50 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan yang diperkirakan mencapai USD 19,4 miliar atau setara dengan Rp 277 trilliun. Dengan kekayaan sebanyak itu, nama Satoshi berada di urutan ke-44 dalam daftar 50 orang terkaya di dunia dan berada di bawah posisi Stefan Persson dari H&M.

4. Jumlah Bitcoin yang dimiliki Satoshi

Sebagai sosok yang berada dibalik kelahiran Bitcoin, Satoshi diperkirakan memiliki 980.000 Bitcoin atau bahkan lebih dan belum terpakai. Jika di masa depan harga Bitcoin terus meningkat, bisa jadi Satoshi bakal menggeser posisi orang terkaya di dunia macam Bill Gates atau Jeff Bezos.

5. Satoshi hanya berkomunikasi secara digital

Salah satu faktor lain yang membuat sosok Satoshi kian misterius adalah cara ia berkomunikasi. Banyak orang meyakini bahwa Satoshi tidak berhubungan dengan orang lain yang punya kepentingan dengannya baik melalui telepon ataupun tatap muka langsung. Sosok misterius ini dipercaya hanya berkomunikasi secara digital demi menjaga kerahasiaannya.


Penulis : Staff Trendezia

Manfaat Luar Biasa Yogurt Saat Puasa

December 29, 2017

Punya penyakit maag? Ahli kesehatan menyatakan yogurt aman dikonsumsi penderi [..]

4 Makanan Pencegah Penyakit Kanker Serviks

December 29, 2017

Kanker servisk yang kini sedang diderita artis Julia Perez termasuk salah sat [..]

Spot Eksostis Untuk Melihat Sumbing-Sindoro

December 29, 2017

Gunung sindoro dan sumbing bagaikan keindahan alam yang sulit untuk tidak din [..]


Product Corner

Product CornerGalaxy Note 5 dan Galaxy Note 7, Cepat Mana?

Belakangan ini samsung telah merilis produk terbarunya galaxy note 7, kabarnya generasi samsung t [..]

August 31, 2016

Product CornerDaihatsu Sigra vs Toyota Calya, Pilih Mana?

Baru baru ini , mobil multi purpose vehicle  (MPV) LCGC, Toyota Calya dan Daihatsu [..]

August 03, 2016

Product CornerToyota Sienta Versus Honda Freed: Spesifikasi dan Fitur

Baru-baru ini,  Toyota meluncurkan produk terbarunya dengan nama Toyota Sienta. Meski secara [..]

July 27, 2016

Product CornerSama Sama Murah, Xiaomi Redmi 2 atau Smartfren Andromax R2 Canggih Mana?

Ketatnya persaingan dunia bisnis smarphone dan lesunya ekonomi dunia, banyak produsen teknologi i [..]

July 09, 2016

Product CornerLenovo Rilis Smartphone 8 Inch

Tahun ini bisnis tablet di Indonesia menurun ketimbang tahun kemaren. Namun bukan berarti menyuru [..]

June 29, 2016