Image
July 07, 2016 870 pts 7362

Dimensi Sosial dalam Ibadah Zakat

Islam adalah agama yang mempunyai dua dasar yang harus di yakini dan di jalani pemeluknya, yaitu; Rukun Iman dan Rukun Islam. Rukun iman adalah pengakuan individu akan keterikatan seseorang muslim dengan eskatalogi agama. Sedangka rukun islam adalah keterlibatan seseorang dengan fungsi sosial agama. Zakat yang terkandung dalam rukun islam merupaka isi yang paling menyentuh kepada demensi sosial umat manusia di dunia.

ibadah  zakat bagi umat Islam merupakan, bentuk aktualisasi untuk saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan, baik berupa harta, benda, maupun yang lainnya. sebagai seorang mahluk, sangatlah ironis sekali karena diberi rizki yang lebih oleh Tuhan sedangkan ia tida mau menyedahkan kepada yang lebih membutuhkan. maka, menjadi kewajiban kita untuk bersyukur kepada Tuhan dan  cara bersyukur adalah dengan bersedekah (zakat).

Sedekah (zakat) haruslah di kerjakan secara ihlas semata- mata karna Tuhan. Artinya ketika kita memberikan sedekah tidak ada yang di harapkan karena selain menjalankan perintah tuhan, bukan untuk pamer dan lain sebagainya. Hal ini terkadang kurang di fahami, sehingga sedekah ( zakat ) seakan di jadikan perlombaan untuk mencari simpati seseorang ataupun untuk mencari gelar kehormatan.

Dimensi sosial zakat

Zakat  merupakan srategi yang pas untuk menjalin hubungan sosial antar manusia di dunia. Dengan sedekah (zakat) kita juga dapat meresapi dan merenungi bahwa kekayaan yang kita miliki bukanlah abadi. Harta merupakan titipan Tuhan yang rotasinya silir berganti. Kadang kita di atas ( menjadi orang kaya) kadang juga kita berada di bahwah ( menjadi orang miskin), sehingga dengan adanya sedekah kita bisa hidup sederhana dan tidak befoya- foya serta hidup bermewah mewahan. karena sesungguhnyaTuhan akan memberikan siksaan yang pedih kepeda mahluk yang telah diberi rizki oleh Tuhan namun ia tida menyisihkannya untuk di sedekahkan kepada yang membutuhkan.

Perlu dipahami bahwa di dunia ini ada empat golongan yang dua golongan akan selamat dan dua golangan akan celaka. Dua golongan yang selamat adalah. Pertama, orang yang kaya gemar bersedekah yaitu; orang-orang yang mendapat kemudahan dalam mencari rizki dan dia mengeluarka hartanya untuk orang –orang yang membutuhkan. Kedua, orang miskin yang gemar bersedekah yaitu;orang –orang yang tidak memiliki banyak harta, bahkan untuk mencukupi kebutuhan sehari- hari kembang- kempis. Namun,jiwanya sangat lapang, tawadhu, serta tidak menutup mata penderitaan sesama. Dua golongan pertama ini kehidupannya akan di berkahi oleh tuhan, jiwanya dipenuhi aura ketenangan lahir dan batin dan mendapatkan kebahagiaan yang hakiki.

Sedangkan dua golongan yang rugi dan celaka adalah.Pertama, orang kaya yang kikir. Mereka adalah orang-orang di beri kemudahan rizki oleh tuhan, namun mereka tidak menzakatkan hartanya. Kedua, orang miskin yang kikir. Mereka orang –orang yang kekurangan harta benda akan tetapi mereka sombong. Dua golongan ini biasanya hidupnya gelisah, stres, bahkan sakit jiwa karna sering memikirkan hartanya. Yang lebih mengenaskan lagi di dunia celaka dan akhirat juga akan celaka karena akan mendapatkan siksaan dari Tuhan.


Penulis : Redaksi Trendezia

Dimensi Sosial dalam Ibadah Zakat

July 07, 2016

Islam adalah agama yang mempunyai dua dasar yang harus di yakini dan di jalan [..]

Peredaran Vaksin Palsu, Kemana Peran Pemerintah?

July 07, 2016

Hari ini orang tua akan lebih waspada terhadap obat yang akan diberikan kepad [..]

UU Pilkada Terbaru Syarat dengan Kepentingan Elit Politik

July 07, 2016

Undang-undang Pilkada terbaru yakni Nomor 10 tahun 2016 telah resmi menjadi a [..]


Product Corner

Product CornerGalaxy Note 5 dan Galaxy Note 7, Cepat Mana?

Belakangan ini samsung telah merilis produk terbarunya galaxy note 7, kabarnya generasi samsung t [..]

August 31, 2016

Product CornerDaihatsu Sigra vs Toyota Calya, Pilih Mana?

Baru baru ini , mobil multi purpose vehicle  (MPV) LCGC, Toyota Calya dan Daihatsu [..]

August 03, 2016

Product CornerToyota Sienta Versus Honda Freed: Spesifikasi dan Fitur

Baru-baru ini,  Toyota meluncurkan produk terbarunya dengan nama Toyota Sienta. Meski secara [..]

July 27, 2016

Product CornerSama Sama Murah, Xiaomi Redmi 2 atau Smartfren Andromax R2 Canggih Mana?

Ketatnya persaingan dunia bisnis smarphone dan lesunya ekonomi dunia, banyak produsen teknologi i [..]

July 09, 2016

Product CornerLenovo Rilis Smartphone 8 Inch

Tahun ini bisnis tablet di Indonesia menurun ketimbang tahun kemaren. Namun bukan berarti menyuru [..]

June 29, 2016